Upaya Pelestarian Budaya Melalui Pagelaran Tubo Kampung Tua

Pembukaan Festifal Kampong Tua Tubo pada Selasa, (29/8/2023). Foto: LPM Aspirasi



LPM Aspirasi -- Pokdarwis Limau Ma Tubu (kelompok sadar wisata), bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate menggelar Festival Kampong Tua Tubo. Pagelaran itu diselenggarakan pada Selasa - Rabu (29-30/8/2023) di Kelurahan Tubo, Ternate Utara. 

Kegiatan diawali dengan Tagi Jere (menziarahi kuburan para tetua) kelurahan Tubo dan diisi dengan pemaparan sejarahnya. Banyak masyarakat kelurahan Tubo turut hadiri menyaksikan kegiatan itu.

Delianita, ketua panitia mengatakan tujuan dibuatnya Festival Kampung Tua Tubo untuk mengembangkan kreativitas masyarakat dan pemuda melalui rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. 

“Tujuan dari festival ini adalah menginisiasi masyarakat, dalam berbagi ilmu pengetahuan, melalui rangkaian kegiatan untuk peningkatan kreativitas, identitas kelokalan, dan potensi masyarakat kampung,” ucapnya.

Panitia menghadirkan tokoh adat dan peneliti sebagai upaya mengedukasi masyarakat terkait sejarah kelurahan Tubo. Hal ini karena Tubo merupakan salah satu kelurahan tertua di Ternate.

Gunawan Yusuf Rajim, Jo Hukum Kesultanan Ternate bilang keinginan mereka agar kelurahan-kelurahan di Kota Ternate berkembang sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Contohnya seperti kelurahan Tubo ini.

Pengenalan Tubo, kata Gunawan, sebagai Kampong Tua sudah dimulai dengan memperkenalkan kearifan-kearifan yang ada. Salah satunya makanan tradisional Nasi Jaha. Dilihat dari sisi tradisi, di sini terdapat Kampung Imam Jiko dan tradisi Tagi Jere yang sudah jarang dilaksanakan di kampung atau kelurahan lain.

“Festival Kampong Tua Tubo harus berbeda dengan festival lainnya, serta mengedepankan kearifan budaya dan adat istiadat kelurahan Tubo,” tuturnya.

Delia dan panitia berharap festival ini akan dijadikan ajang tahunan agar menjadi salah satu ciri khas kelurahan Tubo.

"Saya dan teman-teman di sini juga sedang mengupayakan agar festival Kampong Tua Tubo menjadi pagelaran tahunan yang bisa menjadi salah satu pelopor kearifan lokal yang ada di Kelurahan Tubo," tutup Delia.

Reporter: Nurdafni K. Hamisi
Editor: Susi H Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama