Begini Alasan, Jadwal dan Biaya Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru Unkhair Ternate

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan mahasiswa baru. Sumber foto: Kehumas Unkhair

LPM Aspirasi -- Jika memasuki ajaran baru, tiap kampus membuka penerimaan mahasiswa baru. Hal itu juga dilakukan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate. Seperti kampus lain di seluruh Indonesia, dalam proses penerimaan mahasiswa diberlakukan syarat pemeriksaan kesehatan bagi mahasiswa baru. 

Universitas Khairun (Unkhair) Ternate bakal gelar pemeriksaan kesehatan bagi mahasiswa baru yang telah lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Hal ini disampaikan pihak kampus melalui website resmi universitas pada Selasa (6/6/2023).

Pemeriksaan kesehatan ini dianggap perlu bagi mahasiswa baru. Tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan mereka. Selain pemeriksaan kesehatan lengkap, pihak Universitas Khairun juga melakukan tes narkoba. Sementara bagi mahasiswa baru program studi tertentu dilakukan juga tes buta warna dan psikotes.

Berikut LPM Aspirasi paparkan beberapa alasan, jenis-jenis dan jadwal, serta biaya pemeriksaan kesehatan bagi mahasiswa baru Universitas Khairun Ternate.

Alasan Tes Kesehatan

Pihak kampus merasa perlu ada pemeriksaan kesehatan bagi mahasiswa baru di perguruan tinggi. Mereka punya beberapa alasan, sebagai berikut:

1. Perlu adanya tes kesehatan sebagai deteksi masalah kesehatan mahasiswa sejak awal masuk kuliah. Hal ini untuk memberikan informasi dini kepada mahasiswa, orang tua serta kampus terkait keadaan kondisi kesehatan mahasiswa yang bersangkutan.

2. Jika dalam pemeriksaan terdapat masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas kegiatan perkuliahan, maka pihak klinik dapat segera memberikan informasi awal untuk pemeriksaan lanjutan. Ini tahap pencegahan agar dapat ditangani sejak awal.

3. Alasan berikutnya, pemeriksaan kesehatan calon mahasiswa untuk dapat memastikan kondisi tubuh seorang mahasiswa. Selain itu, mahasiswa dan orang tua serta kampus dapat memperoleh data kesehatan mahasiswa.

Jenis -Jenis Pemeriksaan dan Jadwal Pemeriksaan

Pemeriksaan kesehatan akan dilangsungkan di Klinik Pratama, Universitas Khairun. Ada beberapa jenis pemeriksaan yang harus diikuti mahasiswa baru, meliputi:

1. Pemeriksaan Fisik Lengkap.

2. Pemeriksaan Visus dan Buta Warna.

3. Pemeriksaan Narkoba 3 Parameter.

4. Pemeriksaan HbsAg (bagi Fakultas tertentu)

5. Pemeriksaan MMPI/Minnesota Multiphasic Personality Inventory (bagi Fakultas tertentu).

Jadwal pemeriksaan kesehatan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran akan dilaksanakan pada Senin- Selasa, 12 sampai 13 Juni 2023 dengan jadwal sebagai berikut:

Pada hari Senin, 12 Juni 2023 Pemeriksaan kesehatan untuk mahasiswa baru jalur SNBP program studi Farmasi dan Psikologi. Sementara hari berikutnya Selasa, 13 Juni 2023 Pemeriksaan kesehatan untuk mahasiswa baru jalur SNBP program studi Pendidikan Dokter.

Sementara mahasiswa baru jalur SNBP, selain Fakultas Kedokteran, informasi pemeriksaan kesehatan akan disampaikan kemudian. Semua informasi melalui website http://unkhair.ac.id/ dan media sosial resmi milik kampus, facebook Universitas Khairun, instagram @humasunkhair, tiktok ; @universitaskhairun.

Mahasiswa baru jalur penerimaan SNBP untuk Fakultas Kedokteran (Program Studi Pendidikan Dokter, Farmasi, dan Psikologi) wajib melakukan pemeriksaan kesehatan di Klinik Pratama Universitas Khairun.

Biaya Pemeriksaan Kesehatan

Berikut biaya yang harus disiapkan mahasiswa baru untuk tes kesehatan:

Pemeriksaan kesehatan untuk program studi Pendidikan Dokter, program studi Farmasi dan program studi Psikologi dibebankan sebanyak 960.000 ribu rupiah, dengan rincian sebagai berikut :

1. Pemeriksaan Dokter Umum Fisik Lengkap Rp. 75.000,

2. Pemeriksaan Virus, Tes Buta Warna Rp. 75.000,-

3. Pemeriksaan Narkoba 3 Parameter Rp. 250.000,

4. Pemeriksaan HbSAg Rp. 150.000,-

5. Pemeriksaan MMPI Rp, 400.000,

6. Administrasi Rp. 10.000,-

Pembayaran dapat langsung melalui loket Klinik Pratama Fakultas Kedokteran Universitas Khairun. 

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemeriksaan kesehatan dilakukan. Mulai dari peserta diminta hadir di Klinik Pratama Universitas Khairun 15 menit sebelum waktu pemeriksaan. Mereka juga diharuskan membawa bukti kelulusan jalur SNBP saat melakukan registrasi.

Pemeriksaan kesehatan akan dimulai pukul 09.00 WIT. Peserta diminta pakai pakaian yang rapi dan sopan, menjaga kebersihan dan ketertiban selama pemeriksaan.

Peserta yang mengikuti pemeriksaan kesehatan wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dengan tetap memakai masker dan telah divaksin 2 (dua) kali.


Sumber: Kehumasan Unkhair

Editor: Susi H Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama