Penulis Maluku Utara Akan Bikin Pameran Buku di Bulan Ramadhan

Silaturahmi Penulis Maluku Utara. Sumber foto: Grup Penulis Maluku Utara.


LPM Aspirasi -- Sejumlah Penulis di Maluku Utara melakukan silaturahmi pada Sabtu, (11/3/2023) di pelataran kantor Cermat Jalamalut Kelurahan Sangaji, Ternate Utara. 

Pertemuan itu merencanakan kegiatan bertajuk "Temu Penulis dan Pameran Buku Maluku Utara" pada 30 Maret sampai 1 April 2023 di Jatiland Mall mandatang. 

Pertemuan yang berlangsung pukul 20.00 WIT itu, membahas konsep kegiatan untuk mencari solusi yang tepat. Seperti membuat wadah bagi penulis atau membentuk yayasan. 

"Dalam pembahasan malam ini harus memperbanyak konten, penerbitan, marketing, kurasi naskah buku, buat kelas menulis, usaha dana dan kemitraan baik dengan Pemerintah daerah maupun swasta," kata Sofyan Togubu, Koordinator Temu Penulis dan Pameran Buku Maluku Utara.

Terkait temu penulis Maluku Utara, kata Sofyan, ada pameran buku dari hasil karya teman-teman penulis yang akan dijual, tadarus puisi, bedah buku, novel, dan membuat kelas menulis maupun deklarasi penulis Maluku Utara.

Selain pameran buku, ada diskusi dan bedah buku diantaranya, Orang Halmahera karya Faris Bobero, Tokoh Zajirah Raja-raja karya Rusly Saraha, Jurnalisme Yang Tergadai karya Ghalim Umabaihi, juga novel dengan judul Tuan karya Nurdafni K. Hamisi, Mahar Meidina  karya Sartika Muin, dan Orang-orang Maitara karya Rajuan Jumat dan Jandri Fokatea.

"Waktu kegiatan akan dilaksanakan dalam bulan Ramadan dengan hasil kesepakatan yaitu, Sofyan Togubu sebagai kordinator kegiatan, Rajuan Jumat sebagai sekretaris, Mansyur Armain sebagai koordinator publikasi,  Apriyanto Tjao sebagai koordinator acara dan Suryani Tawari sebagai koordinator dana" ungkapnya.

Setelah pembentukan penanggungjawab koordinator kegiatan, Sofyan mengatakan semua anggota penulis Maluku Utara di dalam grup WhatsApp juga tergabung di kepanitiaan.

"Kepada teman-teman penulis akan menyiapkan buku karya masing-masing sebanyak 5 buku dengan tujuan untuk  dipajang selama event berlangsung nantinya. Kalau hal-hal lain akan dibicarakan atau didiskusikan dalam grup penulis Maluku Utara  secara terbuka," jelas Sofyan.


Editor: Susi H. Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama