Sah! Sekjen dan Badan Pekerja Pers Mahasiswa Ternate Resmi Terpilih

Foto bersama pengurus LPM Sekota Ternate dan pengurus baru PPMI DK Ternate. Foto: Dokumentasi PPMI DK Ternate.


LPM Aspirasi -- Pengurus Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Ternate resmi terpilih setelah digelar musyawarah perdana, pada Sabtu (23/4/2022) di Benteng Oranje, Kota Ternate, Maluku Utara.

Wadah berjejaring lembaga pers mahasiswa di Ternate ini dinahkodai Ekasyahyu A Sumadayo. Ia anggota dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara.

Ekasayahu, di dampingi oleh Susi H. Bangsa, sebagai Badan Pekerja (BP) Advokasi, Rajuan Jumat sebagai BP Jaringan Kerja, Rifal ditunjuk jadi BP Biro Umum, dan Humairah Mutmainnah, dipilih sebagai BP Media. Mereka terpilih untuk pengurus PPMI DK Ternate periode 2022-2023.

Pengurus baru PPMI DK Ternate. Foto: Darman/LPM Aspirasi

Musyawarah ini diinisiasi pengurus Karateker PPMI Kota Ternate dan dihadiri oleh pengurus LPM Aspirasi Universitas Khairun (Unkhair), LPM Mantra, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unkhair, serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU). Selain itu, ada juga mahasiswa penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ternate yang akan membentuk lembaga pers baru. 

Rabul Sawal, mantan Pimpinan Umum LPM Aspirasi mengatakan PPMI di Ternate harus segera  dideklarasikan secepatnya. Apalagi rencana ini sudah ada sejak 2019 silam.

"Kenapa PPMI harus segera di deklarasikan, karena ini wadah atau jejaring pers mahasiswa yang akan mengadvokasi masalah-masalah pers mahasiswa, misalnya kasus terbaru anggota LPM Mantra direpresif, ponselnya di ambil saat liputan aksi kemarin," ungkapnya.

Rabul berkata, pers mahasiswa sudah diakui, bahkan dibeberapa daerah, termasuk sudah bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), serta Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers.

"Jadi PPMI dibentuk untuk mengadvokasi kasus-kasus seperti itu, juga AJI di Ternate saat ini sudah intens berkordinasi dengan teman-teman pers mahasiswa," terang Rabul.  

Sementara, Rian Husni Hidayat, mantan pimpinan umum LPM Mantra, berkata gaung PPMI ini sebenarnya sudah lama. 

"Kiranya dari pembentukan pengurus PPMI ini kita selain punya solidaritas terhadap sesama LPM yang ada di Ternate, kita juga bisa melakukan kerja-kerja secara bersama tanpa ada sekat-sekat seperti kemarin," tuturnya.

Musyawarah pemilihan sekretaris jendral PPMI Dewan Kota Ternate dan pengurus baru. Foto: Hairul Rahmat/LPM Aspirasi

Ekasyahyu A Sumadayo, berkata dengan dibentuknya PPMI DK Ternate, tentu menjadi satu kekuatan besar mengukuhkan solidaritas sesama pers mahasiswa yang ada di Kota Ternate.

“Harapan kita adalah PPMI DK Ternate mampu mengawal agenda demokrasi, pada khususnya soal tindakan represif terhadap Pers Mahasiswa yang sering terjadi,” ucapnya.


Reporter: Darman Lasaidi & Hairul Rahmat

Editor: Susi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama