Cerita Perjalanan Keliling Dunia di Balik Lensa Om Don

 

Don Hasman saat mengisi sesi diskusi di Gedung Kuliah Bersama Unkhair, pada Jumat (12/11/2021) Foto: UKM Foster Unkhair
 

LPM Aspirasi -- Don Hasman terlihat gembira saat membagi cerita bersama generasi muda mahasiswa tentang pengalaman fotografi sekaligus jelajah nusantara dan dunia di acara Sharing Session bertajuk "Cerita Dibalik Lensa Om Don" pada Jumat (12/11/2021) yang digelar UKM Fotografi dan Senimatografi (Foster) di Gedung Kuliah Bersama Universitas Khairun.

Lelaki paruh baya ini ditemani Much Hidayah Marasabessy, dosen Fakultas Pertanian sekaligus pembina Unit Kegiatan Mahasiswa UKM Foster Unkhair. Sebagai seorang pecinta fotografi, Much Hidayah juga kagum pada Don Hasman yang sudah melanglang buana di dunia fotografi semenjak berusia 11 tahun.

Om Don, biasa anak-anak muda menyapanya, adalah fotografer fenomenal milik Indonesia yang lahir pada 7 Oktober 1940 di Jakarta. Menginjak usia yang 81 tahun ini jiwa petualangnya masih membara. Ia telah melakukan perjalanan yang luar biasa. Foto-foto yang bernilai seni tinggi banyak dihasilkan oleh Om Don. Ia tak segan berbagi ilmu dan pengalamannya. Kepribadiannya yang sederhana membuat sosoknya dikagumi banyak orang.

Much Hidayah Marasabessy (kiri) membuka diskusi bersama Don Hasman (kanan) di acara sharing session di Gedung Kuliah Bersama Unkhair, pada Jumat (12/11/21) Foto: UKM Foster Unkhair
 

Sebagai maestro etnofotografi Indonesia sekaligus seorang jurnalis kawakan, ia menceritakan gambar berfilosofi beserta menyentil soal bagaimana cara mengambil foto yang baik, tak menghilangkan makna serta nilainya.

Disisi lain, Om Don juga menaruh kekagumannya di Maluku Utara, terutama di Ternate dan Tidore. Kota kecil ini adalah tujuan kesekian kalinya dalam rangka memperingati ekspedisi armada besar Portugis dan Spanyol yang tiba pada 8 November 1512. Agenda kedua kolonialisme ini tentu karena terpikat dengan kekayaan alam di kepulauan Maluku kala itu.

Kedatangan Om Don di Maluku Utara tentu tak disia-siakan oleh UKM Foster. Sebagai lembaga mahasiswa yang konsen mengerjakan dan melakukan fotografi, Om Don adalah tokoh paling tepat membagi cerita dan pengalamannya. 

Foto bersama setelah sesi diskusi bersama Don Hasman di Gedung Kuliah Bersama Unkhair, pada Jumat (12/11/21). Foto: UKM Foster Unkhair

Rachmad Legal MD, Ketua Umum UKM Foster berkata, kedatangan Om Don jadi peluang yang baik. Ia berharap, melalui diskusi dan berbagi cerita dari Om Don, kru UKM Foster dan lembaga mahasiswa yang ikut diskusi dapat meningkatkan kreativitas mereka.

"Karena yang saya tahu etnofotografi sendiri belum banyak diketahui dan saya harap dari banyaknya pengalaman Om Don tadi lebih membuka cakrawaka pengatahuan kita terkhusus dalam bidang fotografi," jelasnya.

Reporter: Nurdafni K. Hamisi

Editor: Rabul Sawal


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama