Kubermas Unkhair Ubah Ban Bekas Jadi Bak Sampah


Mahasiswa Kubermas Unkhair Ternate
Kelurahan Sasa

LPM Aspirasi
-Pengelolaan sampah pada masyarakat saat ini belum begitu optimal. Seperti sampah ban bekas. Kondisinya masih jarang untuk diolah kembali menjadi barang bernilai guna. 

Hal itu tidak menjadi masalah bagi mahasiswa Universitas Khairun.
Mahasiswa Kuliah Berkarya dan Bermasyarakat (Kubermas) Unkhair Ternate, RT 06 Kelurahan  Sasa, Kecamatan Ternate Selatan mengubah ban bekas yang tak terpakai menjadi bak sampah.

Pengolaan ban bekas tak terpakai dilakukan karena banyaknya ban yang ada di lingkungan Kubermas. Hasil cipta ban ini akan digunakan sebagai tempat sampah, dan hiasan Taman Baca, tempat strategis yang masih membutuhkan kepekaan oleh warga setempat.

Rukia Kamarullah, Kordinator Lapangan (Korlap) Kubermas Kelurahan Sasa, menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa kita harus mempunyai kepekaan terhadap lingkungan, karena nantinya berdampak pada kesehatan dan bencana alam.

“Kita hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menjadi solusi, kemudian berkreasi. Hal ini merupakan Langkah awal untuk menyadarkan masyarakat, bahwa pentingnya memanfaatkan barang bekas agar bisa menjadi sesuatu yang dapat digunakan kembali,” ungkapnya.

"Penggunaan ban bekas yang masih tinggi menjadi inspirasi untuk menguranginya. Dengan kreatifitas dan dijadikan sebagai bak sampah. Langkah ini sangat membantu mengurangi sampah di sekitar kelurahan Sasa,” kata Sulasmi, Pembimbing Kubermas Unkhair Kelurahan Sasa.

Selain mengambil dari tempat sampah, warga sekitar dan bengkel yang berada di sekitar lokasi juga turut menyumbang. Warga memberikan agar diolah karena menjadi tumpukan sampah di lingkungan rumah warga dan bengkel. Jumlahnya yang diterima mencapai belasan buah.

Kemudian untuk membuat hiasan, mereka mengecatnya dengan warna warni, juga dibuat pola sedemikian rupa agar menarik perhatian orang yang melihatnya.

Sementara itu Lurah Sasa, Subhan Sutan Kayo, pada Jumat (27/08/2021) mengungkapkan bahwa pengelolaan ban bekas ini sebagai wadah untuk kampanye mengurangi sampah dan memanfaatkannya. Dengan cara ini, diharapkan warga mampu mengambil cara pemanfaatan barang bekas sekreatif mungkin.

“Saya yakin warga mampu mengambil langkah bagaimana cara memanfaatkan ulang barang bekas agar dapat bernilai,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas karya Kubermas Unkhair mengubah ban bekas menjadi berguna sekali. Nantinya akan dipasang di beberapa tempat yang masih kekurangan tempat sampah.

“Dengan adanya ban bekas yang di olah menjadi bak sampah dan hiasan dari mahasiswa Kubermas Unkhair diharapkan mampu menambah kesan indah Kelurahan Sasa RT 06."

Reporter: Irawan Abae
Editor: Susi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama