Pengurus Baru KSR PMI Unkhair Resmi Dilantik

Prosesi pelantikan UKM PMI Unkhair pada Rabu (15/5/2024). Foto: Rajuan Jumat/LPM Aspirasi.


LPM Aspirasi -- Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit 01 Universitas Khairun Ternate resmi miliki pengurus baru. Para nahkoda baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) itu dilantik oleh Abdul Kadir Kamaludin Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan pada Rabu (15/5/2024).

Pelantikan berlangsung di Aula Nuku lantai IV, gedung rektorat Unkhair. Turut dihadiri pula sejumlah kader PMI Kota Ternate, termasuk siswa-siswi SMA Katolik Bintang Laut Ternate.

Abdul Kadir Kamaludin, dalam sambutannya bilang organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang sosial-kemanusiaan ini bisa jadi wadah untuk membentuk karakter mahasiswa supaya saling peduli antar sesama.

"Semoga organisasi ini akan membentuk karakter anda yang tadinya tidak mau membantu orang, dengan masuk ke sini anda mungkin bisa merubah karakter anda untuk memiliki jiwa saling membantu," tandasnya.

Ia juga menyentil mengenai keorganisasian di kampus. Menurutnya, perlu ada perubahan cara pikir untuk memandang sebuah organisasi kemahasiswaan.

"Kita harus merubah image organisasi, jangan sampai orang berpikir masuk organisasi itu penuh kekerasan, kuliahnya lama, dan pasti nilainya hancur," ungkapnya.

Dosen Pertanian itu juga menambahkan kalau organisasi kemahasiswaan itu merupakan wadah belajar dan pusat prestasi bagi mahasiswa.

Senada dengan itu, Syarifullah Bundang, Pembina KSR PMI Unkhair dalam sambutannya juga menyoroti terkait minat mahasiswa dalam berorganisasi.

Salah satu riset dari universitas di Surakarta, kata Syarifullah, persoalan yang tengah dihadapi oleh mahasiswa yang notabene sebagai generasi 'Z' adalah tingginya sifat individualisme. Ini akan sangat berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk ikut berorganisasi.

"Tingginya sifat individualisme akan berpengaruh pada minat mahasiswa di organisasi. Apalagi sifatnya yang sukarelawan," kata Syarifullah.

Syarifullah bilang, di dalam studi tersebut menunjukkan ada satu faktor timbulnya individualisme yaitu keaktifan berselancar di sosial media.

"Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa, penyebabnya adalah teman-teman terlalu sibuk dan terlalu meluangkan waktu untuk bermain sosial media," kata Syarifullah yang juga Dosen di Fakultas Teknik itu.

"Tapi nyatanya," lanjut Syarifullah, "Hari ini, di ruangan ini, masih banyak mahasiswa yang menyempatkan diri untuk hadir. Itu artinya teman-teman ini masih mengimbangi diri bermedia sosial dan jiwa relawannya sangat luar biasa," tandasnya.

Sitti Dahlia Muhaimin, Ketua UKM PMI Unkhair yang dilantik mengatakan, organisasi PMI didirikan pada 17 September 1945 dan diketuai oleh Muhammad Hatta.

"Organisasi Palang Merah Indonesia ini bergerak di bidang sosial-kemanusiaan dengan  tidak membeda-bedakan ras, suku, agama dan juga politik," kata mahasiswa semester 6 itu.

Organisasi ini memiliki induk internasional bernama Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah atau International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC). 

Sementara badan utama PMI yaitu Komite Internasional Palang Merah atau International Committee of the Red Cross, (ICRC), sebuah komite yang berpusat di Jenewa, Swiss, yang memiliki kewajiban khusus di bawah hukum perikemanusiaan atau humaniter internasional.

Sitti Dahlia pun berharap agar kepengurusannya dan teman-teman selama satu tahun ke depan bisa saling membantu dan bekerjasama dalam tugas dan tanggung jawab. 

"Dengan begitu, kami mampu turun ke tengah-tengah masyarakat dan lingkungan kampus," tutur mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan itu.

Ketua KRS Palang Merah Indonesia (PMI) sebelumnya, Rifki T. Rahim juga menambahkan, kalau organisasi kemahasiswaan ini secara administratif sudah ada di Unkhair sejak 2016 dan bertahan hingga hari ini.


Reporter: Rajuan Jumat

Editor: Susi H Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama