1025 Siswa Lulus SNPB 2024 di Unkhair Ternate Diwajibkan Registrasi Ulang

Gedung Rektorat Universitas Khairun Ternate. Gambar: unkhair.ac.id


LPM Aspirasi --Sebanyak 1025 calon mahasiswa dinyatakan lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNPB) tahun 2024 di Universitas Khairun Ternate. Hal ini diumumkan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) melalui kanal youtube pada Selasa (26/3/2024). 

Para calon mahasiswa ini nantinya harus melakukan registrasi ulang melalui laman resmi UKT Unkhair. Mereka wajib memenuhi sejumlah syarat.

Nur Dewi Rizka, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) menjelaskan peserta yang lulus SNBP selanjutnya akan melakukan pendaftaran ulang atau pemenuhan persyaratan untuk dapat kuliah di Unkhair.

“Bagi lulusan SNBP wajib melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Pendaftaran ulang di Universitas Khairun menggunakan system pendaftaran online dengan mengakses laman ukt unkhair. Mahasiswa wajib melakukan daftar ulang di laman tersebut,“ ujarnya.

Pendaftaran ulang dijadwalkan pada tanggal 28 Maret hingga 07 April 2024. Pendaftaran akan dilakukan dengan alur Registrasi dan Pengisian Data Sistem Informasi UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Registrasi Ulang

Calon mahasiswa yang lulus, harus melakukan Registrasi ulang di laman UKT Unkhair kemudian mengaktifkan Akun Sistem Informasi UKT melalui Email. Akun email yang digunakan harus milik sendiri dan masih aktif.  

Setelah membuat dan mengaktifkan akun di sistem informasi UKT, Email dan Password yang dibuat tidak bisa diganti apabila akun anda sudah diaktifkan.

Calon Mahasiswa Lulusan SNBP 2024 yang tidak melakukan pendaftaran ulang sampai pada tanggal yang di tentukan maka dianggap mengundurkan diri.

Pengisian Data UKT

Pengisian Data UKT dimulai tanggal 28 Maret - 13 April 2024. Mahasiswa baru diarahkan untuk Login atau masuk ke laman UKT Unkhair dengan username berupa email dan password yang dipakai saat registrasi. Mereka juga diharapkan membaca Tutorial atau panduan yang ada dalam laman Sistem UKT, serta menyiapkan data serta dokumen yang akan diunggah sesuai yang disyaratkan.

Calon mahasiswa lalu melakukan pengisian data. Mulai dari mengisi data formulir UKT. Lalu mengisi data Kondisi Keluarga.

Kemudian mengisi data rencana pembiayaan studi. Selanjut upload Dokumen Pendukung.m, dan terakhir pastikan data UKT yang diisi merupakan data yang benar dan akurat.

Hasil Verifikasi UKT

Hasil verifikasi akan diumumkan langsung melalui akun UKT masing-masing mahasiswa. Nantinya terdapat nominal yang harus dibayar calon mahasiswa. Calon mahasiswa dapat download, tangkapan layar untuk ditunjukan ke teler bank. 

Pembayaran UKT diarahkan ke Bank BNI (dapat melalui ATM /Mobile Banking atau Teler) pada tanggal 22 April - 11 Mei 2024.

Bagi Lulusan SNBP Khusus Fakultas Kedokteran (Pendidikan Dokter, Farmasi dan Psikologi) Wajib melakukan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 1 s.d 4 April 2024 di Klinik Pratama Fakultas Kedokteran Universitas Khairun. Bagi lulusan selain Fakultas Kedokteran yang mau memeriksakan kesehatan bisa mengikuti jadwal dari klinik pratama.

Setelah membayar UKT, mahasiswa langsung mendapatkan NPM yang ada di bukti bayar UKT, atau bisa mengecek langsung di http://ukt.unkhair.ac.id/ceknpm.php/.

Nur Dewi bilang bagi peserta yang dinyatakan lulus wajib melihat syarat, ketentuan, dan jadwal registrasi atau daftar ulang di situs atau laman Universitas Khairun. Sedangkan peserta yang dinyatakan lulus tidak dapat mendaftar jalur UTBK-SNBT 2024.

“Bagi mereka yang tidak lulus di jalur SNBP dapat mengikuti seleksi jalur UTBK-SNBT, pendaftaran jalur SNBT sudah di mulai tanggal, 21 Maret 2024 hingga 05 April 2024, pendaftaran jalur seleksi UTBK-SNBT dapat menggunakan akun SNPMB yang pernah digunakan pada saat siswa mengikuti jalur SNPB.


Sumber: Kehumasan Unkhair

Editor: Susi H Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama