Mahasiswa Kubermas Unkhair Gelar Aksi Donor Darah

Mahasiswa Kubermas saat melakukan aksi donor darah di pelataran Fakultas Ekonomi pada Senin, (28/8/2023). Foto: LPM Aspirasi.

LPM Aspirasi -- Mahasiswa Kuliah Berkarya dan Bermasyarakat (Kubermas) Tahap I Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi Universitas Khairun (Unkhair) Ternate gelar aksi donor darah. Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin (28/8/2023) di pelataran Fakultas Ekonomi, Kampus II Gambesi, Ternate Selatan.

Aksi itu merupakan salah satu program kerja yang sudah dicanangkan oleh dua kelompok mahasiswa kubermas ini. Mereka bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ternate untuk membantu persediaan kantong darah.

Aprisal Boci, selaku Koordinator Lapangan mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara mahasiswa kubermas Fakultas Kedokteran dan Ekonomi. Tujuannya sebagai bentuk kepedulian terhadap kurangnya kantong darah tetapi banyak pasien yang membutuhkan darah.

"Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu program akhir bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang sudah sejak lama direncanakan," lanjut mahasiswa program studi Ekonomi Pembangunan itu. 

Aprisal bilang mereka melibatkan seluruh perwakilan mahasiswa kubermas yang berada di Ternate, juga ada keterlibatan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Mereka juga tidak menutup pintu untuk mahasiswa lainnya  dan masyarakat umum untuk mendonorkan darahnya.

“Terdapat beberapa instansi yang kami undang sebagai pendonor, di antaranya TNI, mahasiswa kubermas yang ada di Kota Ternate, dan masyarakat umum,” ungkapnya

Riyan Wisudahidawan, koordinator mahasiswa kubermas Fakultas Kedokteran, menjelaskan, donor darah juga merupakan salah satu program kerja mereka dan berinisiatif untuk berkolaborasi dengan mahasiswa kubermas Fakultas Ekonomi.

“Salah satu program kerja kubermas Fakultas Kedokteran adalah menggelar aksi donor darah, dan kebetulan ada mahasiswa kubermas Fakultas Ekonomi, sehingga kita menjalin kolaborasi untuk sama-sama menjalankan program,” jelas Riyan.

Dia mengungkap stok darah dari PMI Kota Ternate sering kehabisan, karena itu program ini sangat penting untuk mendukung kebutuhan darah yang ada di PMI. 

"Karena banyak kejadian masyarakat yang membutuhkan darah secara tiba-tiba tetapi stok kantong darah kosong, dan permintaan jumlah pendonor sesuai dengan jumlah kantong yang dimiliki oleh PMI Kota Ternate" kata Riyan. 

Mereka berharap kegiatan ini bisa berguna untuk mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Mereka berharap kegiatan kubermas kedepannya bisa lebih kreatif dan bermanfaat untuk banyak orang.


Reporter: Nurdafni K Hamis

Editor: Susi H Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama