Festival Selawaring Kelurahan Rum Balibunga Resmi dibuka

Wakil Walikota Tidore Kepulauan dan Wakil Dekan III FIB saat membuka acara Selawaring pada (15/6/2023). Foto: Rajuan Jumat.


LPM Aspirasi-- Festival Selawaring kelurahan Rum Balibunga resmi dibuka pada kamis (15/6/2023) di Taman Balibunga Rum Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Acara pembukaan festival selawaring tahun 2023 dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad senin yang di dampingi oleh Ridwan, Wakil Dekan tiga  Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun Ternate.

Dalam pantauan aspirasipress.com kegiatan ini turut dihadiri dosen Fakultas Ilmu Budaya, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah(OPD) lingkup Kota Tidore kepulauan, Lurah Kelurahan Rum balibunga, dan Camat Tidore Utara serta organisasi kemahasiswaan (Ormawa) Fakultas Ilmu Budaya.

Kegiatan bertajuk “Indahnya Keragaman Budaya Dalam Melestarikan Nilai-Nilai Tradisi” di sambut antusias masyarakat. Acara pembukaan dimeriahkan berbagai jenis tarian daerah, pembacaan puisi dan akustik.

Muhammad Senin, Wakil Walikota Tidore Kepulauan mengatakan Kota Tidore telah lama memiliki daya tarik tersendiri, sehingga menarik orang dari luar Tidore untuk berkunjung. Dengan hal tersebut, festival ini harus didukung guna melestarikan budaya, seni dan adat yang dimiliki.

Selain itu, ia juga memberikan apresiasi kepada  sanggar Ruru Bunga, karang taruna dan masyarakat yang telah bekerja sama dalam menyelenggarakan festival selawering 2023. 

"Festival ini diharapkan mampu membawa pengaruh dalam dunia pariwisata Tidore melalui seni, lomba tari dan puisi yang di perkuat dengan kehadiran sanggar Ruru bunga" ucap Muhammad Senin saat beri sambutan.

dia juga berharap kepada organisasi Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Kota Tidore agar selalu berkolaborasi dengan para pemuda dalam merawat kearifan lokal guna menuju Tidore Jang foloi ke depannya. Ia berharap kegiatan ini dapat berlangsung aman dan sukses.

Sementara Ridwan, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya (FIB) berujar Fakultas Ilmu Budaya selalu terbuka untuk bermitra. Organisasi mahasiswanya juga siap ambil bagian di tiap kegiatan berbagai daerahml.

“Mahasiswa kami dari Leksas akan selalu siap berkontribusi pada setiap kegiatan kesenian yang di laksanakan pada setiap daerah,” terangnya.

Ridwan berharap kegiatan seperti ini sering dihelat berkesenambungan. Hal itu karena dengan ivent ini dapat melestarikan dan mengembangkan budaya lokal untuk menunjang budaya nasional.

“Kegiatan ini digagas oleh sanggar Ruru bunga dan Unit Kegiatan Lembaga Kesenian Anak Sastra(Leksas) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun Ternate,” ujar Ilyas M.Djaid, Pembina Sanggar Ruru Bunga, saat memberi sambutan acara pembukaan.

Melalui kegiatan ini, Ilyas berharap dapat melahirkan generasi baru yang sadar akan pentingnya melestarikan kearifan lokal. Selain itu, semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan dan dijadikan sebagai agenda tahunan di kelurahan Rum balibunga, Kota Tidore.


Reporter: Panji Jafar

Editor: Susi H. Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama