Gelar Economic Market Preneur, Himapro Manajemen Dorong Jiwa Wirausaha Mahasiswa

M. Ridha Ajam, Rektor Unkhair saat menghadiri Economic Market Preneur pada Senin (10/7/2023) Foto: Kehumasan Unkhair


LPM Aspirasi -- Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Khairun (Unkhair) gelar Economic Market Preneur pada Senin - Selasa (10-12/7/2023) di pelataran Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unkhair II Gambesi, Ternate Selatan.

Mereka mengusung tema “Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Generasi Z yang Kreatif dan Inovatif,” dengan maksud mendorong jiwa wirausaha mahasiswa. Para peserta memamerkan bisnis mereka yang dibuat dari produk lokal.

Nastain Nouhu, Ketua Panitia Pelaksana mengatakan economic market preneur Himpunan Mahasiswa Program (HIMAPRO) Studi Manajemen bertujuan memberi wadah ke mahasiswa, memperluas wawasan terkait dunia bisnis, dan kewirausahaan.

Economic market preneur bertujuan mendorong semangat berwirausaha kalangan mahasiswa yang menghasilkan, dan menghadirkan produk usaha,” ungkapnya saat beri sambutan.

Mahasiswa jurusan manajemen itu juga bilang kalau kegiatan ini diberi nama economic market preneur agar, setidaknya, ada dorongan ke rekan-rekan mahasiswa untuk berdaya saing, mampu menciptakan produk usaha dan ide yang dapat dipamerkan.

“Saya merasa bangga, dan mengucapkan terimakasih ke Rektor dan jajaran akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah berpartisipasi dalam mendukung kegiatan ini hingga terlaksana dengan baik dan lancar,” ungkap Muhammad Rafly Daeng Barang, Ketua Umum Himapro Manajemen.

Menurutnya, kewirausahaan bagian dari aspek penting di dunia bisnis dan ekonomi modern. Alasannya, melibatkan kemampuan, mengenali resiko dan peluang bisnis. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memunculkan inspirasi dan sejumlah ide mengembangkan ekonomi kreatif.

“Semoga kegiatan ini dapat memberi wawasan, dan menginspirasi mahasiswa membangun jiwa kewirausahaan yang kuat, kemudian berhasil di masa mendatang,” ucapnya 

Kata Rafly, Selain menanamkan jiwa entrepreneur buat rekan-rekan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, kegiatan ini dapat membantu membangun Fakultas tanpa mengabaikan kewajiban seorang mahasiswa. Tujuannya agar kelak lebih meningkatkan prestasi, khususnya bidang akademik maupun non akademik.


M. Ridha Ajam saat beri sambutan saat pembukaan Economic Market Preneur (10/7/2023) Foto: Kehumas Unkhair


Muhsin N. Bailussy, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair berujar kegiatan ini bagian dari tugas pengantar bisnis, semeter II, yang akan diimplementasikan dalam bentuk project based learning (PJBL). Sementara masih diproses, di review pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang diketahui Asosiasi Program Studi Manajemen, dan menggunakan standar nasional.

“ Ini nantinya jadi tugas besar dari dosen mata kuliah Pengantar Bisnis dalam bentuk implementasi produk, one class one product. Produk yang di buatnya, selanjutnya di jual sendiri. Selain kegiatan mahasiswa, juga untuk memenuhi salah satu Visi Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,” katanya.

Menurutnya economic market preneur  bagian dari implementasi tugas mata kuliah pengantar bisnis pada mahasiswa semester II. Mereka di bagi 40 kelompok, masing-masing mengisi 12 stan produk, mulai dari minuman lokal, dan kuliner Kantin yang belum diresmikan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Kegiatan yang diinisiasi Himapro Manajemen murni dari binaan sejumlah dosen pengasuh pengantar bisnis dan akuntansi dalam mata kuliah kewirausahaan,”jelasnya.

M. Ridha Ajam, Rektor Universitas Khairun  menyambut baik pelaksanaan economic market preneur, serta mengapresiasi kegiatan yang menurutnya baru. Ini akan  memotivasi mahasiswa mengembangkan minat, dan bakat kewirausahaan. Meskipun masih sebatas implementasi dari salah satu mata kuliah.

“Luar biasa baik, economic market preneur. Mungkin banyak istilah, namun langsung mengaitkan antara mata kuliah dengan praktik, dan perlu di dorong,” tuturnya.

Kegiatan ini, bagi Rektor bentuk pengajaran sejak dini jiwa entrepreneur ke mahasiswa. Kelak sebagaimana pengalaman sebelumnya, akan mudah berwirausaha. Selain itu, Rektor mengajak mahasiswa, agar kegiatan seperti ini, dapat didiskusikan, dan bekerjasama dengan Badan Pengelola Usaha (BPU) Unkhair, dalam rangka memasarkan produk.

M. Ridha Ajam juga menuturkan sejumlah usaha telah dirintis bersama Fakultas Pertanian, dan Fakultas Perikanan dan Kelautan. Mulai dari mengembangkan penangkaran lebah, dan budi daya ikan.

“Rencananya pekan depan Unkhair panen ayam potong, serta panen madu. Tak cuma itu, Unkhair terus kembangkan pupuk buatan Unkhair sendiri dengan model penawaran yang mudah dijangkau oleh petani,” terang Rektor.

Kegiatan enterpreuner ini, kata dia diharapkan memberi motivasi, berdaya saing, dan mahasiswa dapat mengubah minset. Guna mendukung kegiatan ini, rektor akan beri tempat jualan ke mahasiswa mengembangkan usaha mandiri.

“Saya mengajak kepada semua level pimpinan, dapat melakukan kerjasama, dan  berkolaborasi memajukan Unkhair. Saya juga memberi apresiasi karena dua tahun terakhir mahasiswa Unkhair, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah menorehkan prestasi ke tingkat nasional, dan memiliki kelas internasional,” ucapnya.

Sumber: Unkhair.ac.id

Editor: Susi H Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama