KSR PMI Unkhair Gelar Simulasi Pertolongan Bencana di Kampus

Simulasi pertolongan korban oleh Korps Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) di halaman Gedung Rektorat Unkhair. Foto: Yulinar Sapsuha/LPM Aspirasi. 

LPM Aspirasi-- Korps Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Khairun (Unkhair) gelar simulasi pertolongan korban bencana alam di halaman Gedung Rektorat Unkhair, pada Rabu (28/12/2022). 

Acara yang diikuti apel akbar ini untuk memperingati Hari Relawan Nasional PMI yang jatuh pada tanggal 26 Desember. Hari penetapan relawan nasional ditetapkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengenang peristiwa bencana tsunami di Aceh.

Rifky T. Rahim, Ketua Umum UKM Korps Sukarela (KSR) PMI Unkhair mengatakan kegiatan ini juga sebagai bentuk pengenalan KSR untuk mahasiswa di Unkhair.

"Sehingga mereka tahu, peran PMI sangat luas dan berpengaruh terhadap hal-hal kemanusiaan. Kami juga bekerja sama dengan Karfapala karena kami tahu Karfapala adalah komunitas pencinta alam secara tidak langsung peran kami sangat berkaitan," terang Rifky.

Rifky berharap kegiatan bisa menjadi ujung tombak organisasi PMI, karena dapat meningkatkan rasa kemanusiaan kepada semua orang.

"Harapannya kegiatan relawan ini adalah ujung tombak di organisasi Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan ini juga semoga dapat meningkatkan rasa kemanusiaan lebih tinggi dari teman-teman sekalian dan bisa memperkenalkan nama UKM KSR Unkhair.”

Sementara, saat sambutan, Abdul Kadir Kamaluddin, Wakil Rektor III Unkhair, memaparkan bahwa menjalankan suatu kegiatan mahasiswa yang terkait dengan kemanusiaan memang sangat sulit. Namun itu bukan masalah, karena tujuannya belajar.

"Dalam organisasi ini kita belajar bagaimana membantu orang, oleh karena itu dalam rangka melaksanakan kegiatan yang bersifat simbolis ini, tetapi tetap kita harus tanamkan ke jiwa kita," kata Abdul Kadir, yang juga jadi pembina di apel akbar itu.

"Jadi saya berharap ke PMI Unkhair untuk merekrut anggotanya sebanyak mungkin. dan memberikan mereka pemahaman agar mereka semangat masuk di kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dan juga kemanusiaan,"  tambahnya.

Dalam apel akbar itu dihadiri PMI kota Ternate, wakil ketua pengawalan, kepala Maskar PMI Kota Ternate, KSR unit 02 IAIN, KSR unit 03 Wijaya Kusuma dan  PMR dari siswa SMP, SMA Kota Ternate.


Reporter: Nurdafni K. Hamisi dan Yulinar Sapsuha

Editor: Susi H. Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama