Sambut Mahasiswa Baru, Unkhair Gelar PKKMB Tiga Hari

Suasana pembukaan PKKMB Unkhair, Kamis (1/9/2022) Foto: Darman Lasaidi/ LPM Aspirasi.


LPM Aspirasi — Universitas Khairun (Unkhair) menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalui serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). 

Kegiatan bertajuk “Pembentukan Sumber Daya Manusia yang Berkarater, Humanis, Sosial dan Kolaboratif” digelar selama tiga hari, mulai Kamis, 1 September hingga 3 September 2022.

Pelaksanaan pembukaan PKKMB dilakukan  dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Sekira 50 mahasiswa baru (Maba) yang mewakili program studi masing-masing ikut secara luring.

Bambang Daud, Ketua Panitia PKKMB Unkhair mengatakan, hari kedua para mahasiswa ini akan kembali ke fakultas masing-masing, serta hari ketiga karena ada bakti sosial di beberapa tempat yang telah ditentukan di Kota Ternate. 

“Hal ini sebagai bentuk Unkhair cinta akan kebersihan sekaligus menjaga lingkungan,” ungkapnya

Menurutnya, kegiatan ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan. Juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas. 

“Melalui pengenalan kehidupan kampus mahasiswa diberikan bekal supaya mampu berproses dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Tujuanya kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, berakhlak, dan berdaya saing global,” ujar  Wakil Dekan III Fakultas Hukum itu. 

Pengenalan kampus oleh M. Ridha Ajam, Rektor Universitas Khairun Ternate. Kamis (1/9/2022) Foto: Darman Lasaidi/ LPM Aspirasi.


Sementara Abdul Kadir Kamaluddin, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni bilang, prinsip kegiatan ini guna membentuk karakter. Pola pembinaan kegiatan kemahasiswaan dulu dan sekarang sudah harus berubah.

“Dulu zaman saya mungkin peralihan dari penjajahan ke zaman kemerdekaan sehingga pengaruh kolonial masih kuat. Segala bentuk kegiatan yang dilakukan fisik semata,” tuturnya.

Kata Abdul Kadir, mahasiswa membutuhkan skil agar dapat bersaing secara global. Ini sejalan dengan prograk Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Mantan Dekan Fakultas Pertanian Unkhair itu sadar betul, lulusan dari perguruan tinggi banyak yang menyebrang. Mereka bekerja tidak sesuai keilmuannya sehingga dengan MBKM, skil dan karakter mahasiswa dibentuk. 

“Misalnya mewajibkan mahasiswa magang diberbagai instansi untuk dapat pengalaman. Ketika lulus dan bekerja dimanapun dia tidak lagi kaku,” tandasnya.

Wakil Rektor III meminta mahasiswa baru dapat serius mengikuti program pengenalan kehidupan kampus. Selain berharap mereka dengan cepat beradaptasi, mahasiswa baru juga mampu menangkap pesan yang disampaikan dari kegiatan PKKMB.


Reporter: Susi H Bangsa

Editor: Darman Lasaidi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama