Aksi Solidaritas Kumpul Koin untuk Jurnalis Nurkholis

Massa aksi KJMU di Landmark Kota Ternate, pada Rabu (7/9/2022) Foto: Dokumentasi KJMU.


LPM Aspirasi —Sejumlah wartawan yang mengatasnamakan Kawan Jurnalis Maluku Utara (KJMU) gelar aksi pada Rabu (7/9/2022) malam di Landmark Kota Ternate. Aksi itu bentuk dukungan dan solidaritas untuk Nurkholis Lamaau, redaktur cermat.co.id yang mengalami intimidasi dan tindakan kekerasan.

Aksi dilakukan menyusul laporan media,  Nurcholis bakal dipolisikan Muhammad Sinen, Wakil Walikota Tidore Kepulauan.

Adhar S. Sangaji Koordinator aksi KJMU mengatakan, aksi ini merupakan sikap tegas melawan segala bentuk tindakan kekerasan dan intimidasi terhadap jurnalis.

“Tentu tidak hanya Nurkholis yang mengalami tindakan kekerasan dan intimidasi. Kerja-kerja wartawan di mana saja selalu berpotensi berhadapan dengan kasus seperti ini, sehingga itu aksi ini adalah bentuk dukungan terhadap jurnalis atau wartawan,” ucap Adhar.

Ia mengaku, selain aksi solidaritas, aksi ini juga meminta dukungan dari masyarakat Maluku Utara untuk menyumbangkan sedikit rezeki agar memudahkan Nurkholis menjalani proses hukum yang sedang berlangsung.

“Melawan kekuasaan yang anti kritik dan alergi terhadap demokrasi tentu membutuhkan banyak dukungan, sehingga itu kehadiran kami di sini untuk ingin terus berdiri bersama Nurkholis,” ungkapnya.

Orasi massa aksi KJMU di Landmark Kota Ternate, pada Rabu (7/9/2022) Foto: Dokumentasi KJMU.


Menurut Adhar, kekerasan terhadap jurnalis tentu sangat tidak dibenarkan oleh konstitusi. Kerja-kerja jurnalis adalah bagian dari fungsi kontrol terhadap kebijakan pemerintah.

"Sehingga itu, kami memilih berjuang bersama Nurkholis, karena Nurkholis selama ini dikenal sebagai wartawan yang kritis dan tak pernah lelah menyampaikan aspirasi masyarakat. Kami sudah membaca banyak liputan dari Nurkholis, liputannya selalu mendalam. Wartawan seperti ini tak boleh dibiarkan berjuang sendirian," pungkas Adhar.

Sekadar diketahui, Nurkholis sempat mengalami intimidasi dari Usman, saudara Wakil Wali Kota Tidore pada Rabu malam, 31 Agustus 2022. Nurkholis diminta menghapus artikel yang berjudul “Hirup Debu Batubara Dapat Pahala”.

Keesokannya pada Kamis, 1 September 2022, Nurkholis malah mengalami pemukulan dari Arianto, ponakan Wakil Wali Kota Tidore.

Tak habis sampai disitu, Nurcholis yang datang buat laporan di Polres Tidore, justru dapat tindakan intimidasi dan kekerasan dari dari Wakil Wali Kota Tidore.


Reporter: Susi H Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama