Sekretariat Mahasiswa Pecinta Alam Terbakar, Unkhair akan Investigasi

Kebakaran Sekret Mepal, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun (21/7/2022) Foto: Cermat.


LPM Aspirasi— Sekertariat Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam (Mepal) alami kebakaran. Banguna itu berada di area Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun (Unkhair) Ternate. Kejadian bermula pada Kamis (21/7/2022) malam, sekira pukul 19.30 WIT.

Peristiwa itu, pertama kali dilihat Junaidi, salah satu sekuriti kampus. Saat kejadian, dia sedang berada di post jaga. Junaidi melihat kobaran api dari arah Fakultas Ekonomi. Ia sempat panik dan langsung ajak warga, serta mahasiswa yang berada di sekitar tempat kejadian untuk padamkan api.

“Saya lihat ada cahaya terang. Awalnya saya pikir lampu. Setelah saya bergegas mengecek, ternyata sekret yang terbakar,” ucap Junaidi

Proses pemadaman dilakukan menggunakan air sekira dua profil yang diangkut pakai mobil pick up. Selain itu, sumber air lain di sekitar lokasi kebakaran yang digunakan untuk padamkan api.

“Berselang sekira 20 menit, dua mobil Damkar datang dan membantu melakukan pemadaman. Saat mereka datang, kobaran apinya sudah mulai menurun,” ucapnya.

Fina, seorang anggota Mepal bilang, akibat kebakaraan itu melalap seluruh inventaris organisasi, mulai dari peralatan maupun dokumen organisasi yang ada dalam sekretariat; Di antaranya satu unit komputer, satu unit televisi, tendum, dan alat panjat tebing.

Investigasi Akan Dilakukan

Belum ada kejelasan penyebab kebakaran. Apa lagi lampu sekret dalam keadaan dipadamkan dan tak seorang anggota Mapel berada di dalamnya. 

“Semua barang hangus tidak sempat selamatkan, karena pas kejadian tidak ada orang di sekret, lampu sekret juga mati,” ungkap Fina.

Abdul Kadir Kamaluddin, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Unkhair, mengatakan, sampai pihaknya belum tahui pasti penyebab dari kebakaran tersebut.

“Kita belum tahu asal-usul kebakaran ini bermula dari apa, aktivitas mahasiswa di dalam juga kita belum tahu. Saat kebakaran tadi ada mahasiswa yang di dalam atau tidak itu juga kita belum tahu,” Abdul Kadir.

Pihaknya akan melakukan investigasi dan mencari tahu penyebab dari kebakaran itu. Jika ada mahasiswa yang terlibat dalam kebakaran akan diberikan sanksi tegas, tapi sebelumnya akan dilihat dulu latar belakang dari kejadian ini.


Reporter: Susi H Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama