Mahasiswa Sastra Inggris Unkhair gelar Pembersihan Pantai dan Penanaman Pohon

Pembersihan pantai Kastela oleh mahasiswa dan masyarakat, Sabtu (2/7/2022). Foto: HMJ Sastra Inggris

LPM Aspirasi-- Mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun (Unkhair) melakukan pembersihan pantai dan penanaman mangrove di pantai Kastela, Kecamatan Pulau Ternate pada Sabtu (2/6/2022). 

Kegiatan itu bertajuk “Jaga Bobang Seatorang (Mari Kita Jaga Pantai Sama – Sama)”. Ini merupakan rangkaian kegiatan himpunan mahasiswa jurusan, sekaligus implementasi dari dialog publik yang diselenggarakan sebelumnya. 

Pembersihan dan penanaman mangrove itu dimulai sekira pukul 11.00 – 15.00 WIT. Selain Kelompok Sadar Wisata (Kodarwis), kegiatan itu juga diikuti pemerintah Kelurahan Kastela. Pembersihan dilakukan sepanjang pesisir pantai Kastela. 

Penanaman mangrove oleh mahasiswa dan masyarakat di pantai Kastela pada Sabtu (2/7/2022). Foto: HMJ Sastra Inggris

Gilbert Basoa, ketua umum HMJ Sastra Inggris mengatakan, semangat dari teman-teman mahasiswa menjadikan kegiatan ini bisa terealisasikan dengan baik. Ia pun berharap dapat menjadi acuan bagi seluruh elemen masyarakat baik di Kelurahan Kastela maupun di seluruh  Kota Ternate untuk peka terhadap lingkungan. 

“Kami harap pemerintah Kota Ternate dapat membuat kebijakan yang lebih ketat soal sampah, atau solusi pemanfaatan sampah yang lebih baik,” ujar Gilbert.

Dia mengajak masyarakat peduli tempat wisata dengan tidak membuang sampah ke laut. karena jika tempat wisata bersih dan pengelolaannya baik, akan mengundang perhatian pengunjung untuk datang. Dengan begitu, dapat mengembangkan ekonomi warga sekitar.

Kegiatan ini diakhiri dengan penanaman mangrove di Pantai Kastela. Harapanya pohon magrove ini jadi penjaga pantai dari abrasi dan tempat berkembang biak biota laut.


Reporter: Ningsi Umasangaji

Editor: Susi H. Bangsa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama