Kampanye Pelestarian Hutan dan Lingkungan di Hari Bakti Rimbawan

Foto bersama mahasiswa dan dosen Fakultas Pertanian, Unkhair (16/3/2022) Foto: Koordinator Prodi Kehutanan.

LPM Aspirasi -- Fakultas Pertanian, Universitas Khairun (Unkhair), Ternate, Maluku Utara, menggelar aksi penanaman pohon di lingkungan Fakultas Pertanian, pada Rabu (16/3/2022). Kegiatan ini sebagai bentuk peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun 2022. 

Aksi penanaman pohon bertajuk "Rimbawan Menjaga Lingkungan, Menyukseskan Presindesi G20 Indonesia" ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian.

Lily Ishak, Dekan Fakultas Pertanian Unkhair mengatakan hari bakti rimbawan ini diperingati tiap tahun, dan dilandasi pentingnya mengkampanyekan pelestarian hutan dan lingkungan hidup. 

"Indonesia dalam Forum G20 menunjukan kepada dunia bahwa kita mampu dalam konteks Environmental management and the sustainability of climate change mitigation, yaitu pengelolaan lingkungan dan pengendalian iklim yang berkelanjutan, karena pada tahun 2022 Indonesia menjadi Presidensi G20," kata Lily, Dekan Fakultas Pertanian yang baru dilantik beberapa waktu lalu, dalam sambutannya.

Prosesi penanaman pohon oleh Civitas Akademika Fakultas Pertanian (16/3/2022). foto: Koordinator Prodi Kehutanan.


Dia berkata, ada tiga isu prioritas yang diusung dalam presidensi G20 Indonesia kali ini. Pertama adalah mendukung pemulihan yang berkelanjutan; kedua, peningkatan aksi berbasis daratan dan lautan untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim.

Dan, prioritas terakhir merupakan peningkatan mobilisasi sumber daya, untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup, dan tujuan pengendalian perubahan iklim.

Aqshan Shadikin Nurdin, Koordinator Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, mengatakan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama semua stakeholder serta mitra program studi Kehutanan. 

"Partisipasi Sylva Indonesia pengurus cabang Unkhair menjadi salah satu point penting dalam menyukseskan kegiatan ini," kata Aqshan.

Prosesi penanaman pohon oleh civitas akademika Fakultas Pertanian, (16/3/2022) Foto: Koordinator Prodi Kehutanan.


"Harapan kami, rimbawan muda Kehutanan Unkhair dapat mengambil peran dalam semua pelaksanaan kegiatan kehutanan dan lingkungan di wilayah Maluku Utara," ucap Edriansyah, Ketua Umum Himpanan Sylva Unkhair.

Sebagai dari rangkaian kegiatan Hari Bakti Rimbawan, akan diadakan talk show pada Kamis (17/3/2022) besok di Aula Nuku Rektorat Unkhair. Kegiatan itu akan menghadirkan pembicara, diantaranya:  Dekan Fakultas Pertanian Universitas Khairun, Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku Utara.


Reporter: Darman Lasaidi

Editor: Rabul Sawal

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama