Pejabat Fungsional Universitas Khairun Dilantik

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat fungsional di lingkungan Unkhair. [07/02/2022] Foto: Darman


LPM Aspirasi -- Rektor Universitas Khairun (Unkhair) Ternate kembali melantik dan mengambil sumpah pejabat baru di lingkungan Unkhair pada Senin [07/02/2022] di Aula Nuku, Gedung Rektorat, Kampus II, Kota Ternate. Serah terima jabatan ini bagian dari perombakan struktur kepengurusan Unkhair di era kepemimpinan Rektor M. Ridha Ajam.

Setelah pejabat baru di lingkungan universitas resmi dilantik pada [31/01/2022] lalu, kini giliran Pejabat Fungsional yang disahkan berdasarkan Keputusan Mentri, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) nomor 94782/A.A3/KP.05/00/2021 dan 94783, 94784, 94785, 94786/A3/KP.05/00/2021 tentang Pengangkatan melalui penyetaraan administrasi ke dalam jabatan fungsional.

Surat Kemendikbud Ristek itu menetapkan Ahmad menjadi Pembina Golongan IV/a. Dia mengemban jabatan sebagai Analis Anggaran Ahli Madya. Sementara Suria Hi. Latif dan Awaludin Rizal ditetapkan sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda, Rita Hesmery Hasibuan Sebagai analis Pengelolaan Keuangan APBN, serta Agusiswadi M. Rifai sebagai Pranata Komputer Ahli Muda.

M. Ridha Ajam, Rektor Universitas Khairun berpesan walaupun Surat Keputusan (SK) para pejabat yang dilantik dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek, namun strukturnya  tetap dibawah Unkhair Ternate sehingga masih memiliki atasan yang mengontrol dan akan melakukan evaluasi kerja.

"Artinya tidak ada perbedaan dalam tugas dan tanggung jawab terhadap universitas, berdasarkan aturan atau mengacu pada dasar aturan pelaksanaan kegiatan dan dalam rangka mengefaluasi seluruh kerja kementrian kita."

Ridha Ajam berharap hadirnya pegawai fungsional ini dapat membuat kita lebih yakin dan bisa membantu untuk men-support pegawai lain, terutama dibagian keuangan.

"Ahmad misalnya, dia sudah lama di keuangan jadi semoga bisa melakukan analisis-analisis untuk menjadi masukan baik dalam pengelolaan, maupun pemanfaatan anggaran kita kepada Wakil Dekan II, ini kalau kita bicara tentang keuangan," ungkap Ridha Ajam saat meyampaikan sambutannya.

Sementara itu, untuk bagian pengembangan akademik, Ridha meminta agar bekerjasama dengan biro akademik atau perangkat yang lain sehingga bisa turut berkordinasi dalam proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pembelajaran, terutama administrasi akademik.

"Hal ini seperti yang kita dapatkan kemarin di Jakarta, banyak sekali dokumen-dokumen pembelajaran yang sebenarnya ada, tapi mungkin belum terlegalisir dengan baik sehingga kita perlu berkomunikasi karena ini perlu dilakukan."

Hal yang sama ia tekankan ke bagian IT, agar selalu bekerjasama, dengan komunikasi yang baik, karena ada beberapa sistem yang perlu dikembangkan dan diperbaiki. Intinya dari beberapa evaluasi yang telah dilakukan, baik yang sebelumnya dan yang sementara berjalan ini dapat selaras.

Ridha memperingatkan agar jangan sampai ada egoisme struktural, atau egoisme tupoksi kerja. Bagi dia memang perlu kosentrasi tupoksi kerja, akantetapi setiap orang tidak dapat berdiri sendiri, apalagi dalam rangka memastikan sistem ini berjalan maka itu perlu komunikasikan dengan baik.

"Dalam perjalanan nanti komunikasikan apa-apa yang perlu kita lakukan secara bersama. Ini yang saya pikir paling penting kita lakukan di dalam memastikan universitas maju bersama dengan ilmu," terang Rektor, Ridha Ajam.

Karena ilmu, kata Ridha Ajam bukan sekadar di buku, pengalaman yang didapatkan perlu untuk di share ke teman-teman lain, karena itu juga bagian dari ilmu. Dia menilai Prof. Gufran  sangat tepat dalam memberikan tagline Unkhair, yakni maju bersama ilmu.

"Jadi kita harus maju bersama-sama dan share ilmu kita, pengetahuan-pengetahuan kita untuk kemajuan Universitas Khairun Ternate."

Dia berharap agar semua dapat diaplikasikan dengan cara berkomunikasi. Selain itu dapat pengaplikasiannya dengan pelayanan yang baik terhadap mahasiswa dan juga pegawai  lainnya.

"Karena sekecil apapun jabatan orang disini dia punya peran terhadap Organisasi Unkhair, kalau dia punya urusan mari layani dengan baik, kalau mahasiswa punya urusan harus dilayani dengan baik, itu penting kalau kita mau Unkhair ini maju," tandasnya.

Reporter: Darman
Editor: Darman

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama