Bimtek Unkhair: Mahasiswa Dituntut Bersaing Lewat Karya Ilmiah

Kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah
Rektorat, Aula Nuku Unkhair. Selasa 18/01/2022.
Foto: Panitia penyelenggara.

LPM Aspirasi -- Universitas Khairun (Unkhair) Ternate belajar Teknis Penulisan Karya Ilmiah. Bimbingan Teknik (Bimtek) ini diselenggarakan oleh Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unkhair pada Selasa (18/01/2022) di Aula Nuku, Gedung Rektorat Unkhair Kampus II Kelurahan Gambesi, Kota Ternate.

Kegiatan yang dilaksanakan pukul 09.00 WIT ini, dihadiri Mahasiswa dari berbagai program studi, dan juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkup universitas. Tujuannya memberikan pemahaman kepada mahasiswa tata cara pembuatan karya ilmiah dan mampu mempresentasikannya.

Yusri Sabsuha memaparkan materi tentang  Menemukan ide dan Literasi Karya Ilmiah. Ia memberikan tata cara mulai dari menentukan judul, penentuan ide berdasarkan karya ilmiah yang dibaca.

Dia juga berbicara tentang PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa), salah salah satu kegiatan nasional yang diselenggarakan Universitas Khairun.

"Ciri-ciri publikasi karya ilmiah yaitu pernyataan tidak mementingkan pihak tertentu, baik individu maupun kelompok, fakta tidak boleh dimanipulasi, dan pola penulisan harus mengikuti kaidah penulisan karya ilmiah," Ujar Karman La Nani yang juga hadir sebagai pembicara.


Kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah
Rektorat, Aula Nuku Unkhair. Selasa 18/01/2022.


Karman mengatakan pentingnya publikasi sebagai titik tolak dari perkembangan ilmu di dunia. Tujuannya untuk menyebarluaskan karya ilmiah.

Selain tahapan yang telah di paparkan, menjadi satu hal yang tak kala penting adalah pertanggungjawaban atas karya tersebut.

"Presentasi harus dilakukan sedemikian rupa agar menjadi lebih menarik, karena selain publikasi melalui website dan lain-lain tentu saja publikasi melalui presentasi juga penting," kata Abu Rahmat Ibrahim.

Dia juga menerangkan, selain bahan ajar untuk presentasi, seorang pemateri harus berpakaian rapi, memili bahasa yang lugas dan mudah dipahami, juga pemateri harus memahami siapa audiensnya. 

"Memilih background ppt tak perlu terlalu mencolok agar fokus audiens cukup pada penyampaian materi saja, harus paham tujuan saat penyampaian materi, bahasa tubuh juga merupakan komponen penting dalam sebuah presentasi."

Sebagai penyelenggara, Abu Rahman bilang Kegiatan yang sudah diadakan setiap tahun ini, ditujukan untuk mahasiswa Unkhair dengan harapan mahasiswa Unkhair dapat mempersiapkan diri untuk kegiatan-kegiatan ajang lomba baik tingkat universitas, nasional maupun internasional.

"Salah satu parameter melihat Unkhair berada di range atau tingkat ke berapa unkhair pada tingkat nasional, diukur dari keterlibatan mahasiswa di kegiatan lomba pada karya tulis ilmiah, yang puncak kegiatannya adalah kegiatan PKM," papar Abu Rahmat.

Dia juga berharap nantinya kegiatan ini dapat menumbuhkan, serta mendorong semangat untuk menulis karya tulis ilmiah sesuai dengan kaidah kepenulisannya dan juga melatih untuk mempresentasikannya.


Reporter: Dafni

Editor: Susi





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama