Lima Orang Bersaing Jadi Dekan Fakultas Teknik Unkhair

Para Calon Dekan Fakultas Teknik Universitas Khairun memaparkan Visi dan Misi, pada Selasa (28/12/2021) kemarin. Foto: Humas Unkhair


LPM Aspirasi -- Mahasiswa Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate sebentar lagi bakal punya dekan baru. Ada lima dosen yang sudah mendaftar untuk menjadi pimpinan fakultas ini. Calon yang terpilih akan memimpin Fatek dari 2022 hingga 2026 nanti.

Para dosen yang telah mendaftarkan, diantaranya; Dr. Eng. Mustamin Rahim, Dr. Sabaruddin, Endah Harisun, Ir. Sherly Asriany, dan Ir. Lita Asyriati Latif. Sebelum salah satunya ditetapkan menjadi dekan, mereka harus menyampaikan visi- misi dan program kerja.

Tahapan itu telah dilaksanakan pada Selasa (28/12/2021) kemarin di Aula Fakultas Teknik. Di pandu Nani Nagu dan Subhan Petrana, mereka diminta satu persatu untuk memaparkan visi-misi dan program kerjanya masing-masing di hadapan sivitas akademik Fatek yang turut hadir. 

Mustamin Rahim tampil pertama menyampaikan visinya: menjadikan Fakultas Teknik unggul, kreatif dan berdaya saing dalam bidang teknologi berbasis kepulauan dan kemajemukan menuju akreditasi Unggul dan Internasional.

Misi kedepan Mustamin, yakni meningkatkan penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berkualitas dan inovatif berbasis kepulauan dan kearifan lokal sesuai kebutuhan masyarakat.

Dia juga akan meningkatkan kerjasama riset dan publikasi jurnal internasional dalam rangka mewujudkan Unkhair terbaik di Indonesia Timur menuju Universitas Class International. Ini untuk meningkatkan pelayanan dan pembinaan mahasiswa yang handal dan bermartabat sebagai upaya peningkatan prestasi akademik dan kemahasiswaan, serta peningkatan citra Unkhair.

Sementara, Dr. Sabaruddin, Calon Dekan kedua menuturkan visinya menjadikan Fakultas Teknik sebagai fakultas yang unggul bermutu tinggi, berdaya prima mandiri memanfaatkan modal dasar kepulauan dan kemajemukan dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Misiny, memberikan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi berdaya prima mandiri berbasis kepulauan dan kemajemuka. Serta mendidik sumber daya manusia terampil dan kompoten berbasis kepulauan dan kemajemukan berorientasi global, berjiwa Indonesia, dan bertindak lokal. 

Sabaruddin berkata akan menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesejahteraan secara kolektif dengan memanfaatkan semua peluang dan memberdayakan seluruh kekuatan yang ada dengan memanfaatkan modal dasar kepulauan dan kemajemukan.

"Serta menjaga dan menumbuh kembangkan keberlangsungan fakultas dengan mengelaborasi semua sumber daya ketenagaan, infrastruktur dan kemitraan internal dan eksternal," tuturnya mengutip Unkhair.ac.id

Endah Harisun, sebagai peserta ketiga menyampaikan visi dan misi, dia mengatakan akan menjadikan Fakultas Teknik yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan bidang Keteknikan Berbasis Kepulauan dan Kemajemukan Tahun 2026. Sementara, misinya menjadi Fakultas Teknik yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan bidang Keteknikan.

“Visi saya, mewujudkan kampus cerdas yang mandiri, adaptif, inovatif, dan bereputasi berbasis Kepulauan dan kemajemukan,” ujar Sherly Asriany, peserta keempat dalam leg Calon.

Sherly memiliki beberapa misi yang disampaikanya di hadapan sivitas akademi yang hadir. seperti Mandiri, yaitu mendorong ekosistem kampus cerdas dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dan pengelolaan sumber daya dalam mengoptimalkan kerjasama berbasis Pentahelix dengan pemerintah, industri, komunitas, dan media. 

Ada juga adaptif, yaitu bergerak lincah dan energik untuk beradaptasi dalam wadah Kampus Merdeka untuk membawa civitas akademika Fatek Unkhair melalui disrupsi akibat revolusi industri 4.0 dan pandemi secara humanis. 

Poin ketiga dari misiya inovatif. Dia maknai untuk meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat dengan mengfasilitasi hilirisasi produk inovatif civitas akademika. Serta, bereputasi dalam membangun budaya kolaborasi dan partisipasi civitas akademika untuk mencapai reputasi nasional dan internasional dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Mendukung Visi Universitas Khairun dengan Menjadi Fakultas Teknik yang Memiliki Reputasi Akademik dan Penelitian Terbaik di Maluku Utara, serta Mampu Memperluas Kontribusi Ilmu – Ilmu Keteknikan bagi Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pembangunan Daerah,” Visi yang disampaikan peserta terakhir, Lita Asyriati Latif.

Misi Lita, mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup manusia dan lingkungan. Selai itu, menyiapkan tenaga akademik profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan dan non – kependidikan guna menghadapi perubahan dan tantangan di masa depan. 

Dia menutup dengan misi, mengembangkan ilmu pengetahuan guna mempercepat pencapaian pembangunan pendidikan nasional. serta mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dibidang ilmu, teknologi dan seni.

Setelah kelima peserta selesai memaparkan visi mis dan program kerja mereka, para kandidat menandatangani berita cara penyampaian visi misi. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama sivitas akademika Fakultas Teknik.

Acara ini turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Mustamin Sudjud yang bertindak sebagai kuasa Rektor, serta para Dosen dari berbagai Fakultas di lingkungan Universitas Khairun. Kegiatan ini dilangsungkan berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Khairun nomor 01 tahun 2021 tentang Tata Cara Pengangkatan Dekan di lingkungan Unkhair.

Reporter: Darman Lasaidi
Editor: Rabul Sawal

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama