Hari Tani Nasional, Forum Sekolah Bersama Menggelar Aksi

Massa aksi Forum Sekolah Bersama (SEKBER)
di depan Taman Nukila

LPM Aspirasi – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Forum Sekolah Bersama (SEKBER) melakukan aksi unjuk rasa, pada Senin (27/09/2021) untuk memperingati Hari Tani Nasional (HTN) yang diperingati setiap tanggal 24 September.

Dengan membawa spanduk bertuliskan Menyongsong Hari Tani Nasional (HTN) “Tanah Untuk Petani Penggarap” Massa aksi memulai aksi protesnya dari Salero, kemudian massa berpindah ke Radio Republik Indonesia (RRI),  dilanjutkan di Pasar Barito, dan lokasi terakhir di taman Nukila, Jalan Sultan Muhammad Iskandar Djabir Sjah, Ternate Tengah.

Kordinator aksi,  Idhar Ibrahim mengatakan “Petani hari ini merasakan penindasan dan perampasan ruang hidup. Berbagai macam contoh kongkrit terjadi di pulau Halmahera Timur perampasan tanah semakin hari semakin massif dan semakin diindahkan pemerintah”.

Idhar melanjutkan Jika dilihat PT. IWIP telah merampas hak-hak yang dimiliki kaum buruh, regulasi yang dibuat pada UU Omnibus Law atau UU Cipta Kerja tidak pro terhadap masyarakat.

Di Maluku Utara sendiri berbagai praktek perampasan tanah terus berlangsung di berbagai tempat, persoalan ketimpangan penguasaan tanah antara rakyat dengan Negara dan korporasi yang berlangsung secara signifikan.

Berdasarkan data yang dipaparkan dari ARC di Maluku Utara sebanyak 36,02% dari luas daratan Maluku Utara merupakan wilayah konsesi tambang. Hal ini harus menjadi perhatian serius bagi seluruh gerakan rakyat dan masyarakat terdampak untuk selalu melawan penguasaan dan perampasan tanah di Maluku Utara. 

Untuk itu, dalam aksi kali ini massa aksi menyatakan sikap:

1. Stop diskriminasi petani

2. Berikan hak maternitas buruh perempuan

3. Tolak  313 IUP di Maluku Utara

4. Sahkan RUU-PKS

5. Cabut UU Omnibus Law

6.  Wujudkan reforma agraria sejati yang termaktub dalam UUPA No 5 Tahun 1960

7. Stop perampasan tanah rakyat Cabut SPI (Sumbangan Pengembangan Institut)

8. Tolak tambang di Maluku Utara

9. Lawan rezim kapitalisme

10. Tolak sekolah daring

11. Stop keterlibatan TNI- Polri dalam konflik agraria

12. Stop diskriminasi buruh

13. Stop pembungkaman demokrasi

14. Stop pembuangan tailing di Maluku Utara

15. Tolak PPKM


Reporter: Sukri M. Hamza

Editor: Susi

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama