Pengurus Cabang HMI Acuh Pelantikan, Kader Komisariat Boikot Sekretariat

Sejumlah kader HMI Komisariat memboikot sekretariat HMI Cabang Ternate pada Sabtu (10/6/2023). Foto: Kader Komisariat.


LPM Aspirasi-- Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ternate di demo sejumlah kader komisariat di bawahnya. Massa bahkan melakukan aksi boikot Sekretariat HMI Cabang Ternate di Jalan Cendana, Akehuda, Ternate Utara, pada Sabtu (10/6/2023).

Aksi yang dilakukan sekira pukul 17:00 WIT itu representasi kekesalan kader di tingkat komisariat. Pasalnya pengurus terpilih HMI Cabang tak kunjung di lantik setelah kurang lebih 5 bulan berlalu. Massa aksi menilai situasi itu menghambat kerja-kerja organisasi. Setidaknya, ada 13 komisariat tidak bisa melakukan pelantikan kepada pengurus barunya yang telah lakukan Rapat Anggota Komisariat (RAK)

M. Rizal rizky Ramli, Formatur ketua umum HMI Komisariat Ilmu Budaya mengatakan pemboikotan ini bentuk perhatian terhadap roda organisasi terkhusus pengkaderan HMI. Hal ini sesuai dengan AD pasal 9 dan juga ART pasal 36 point ke 4 terkait personalia pengurus komisariat untuk mengembalikan khittah perjuangan HMI yang tertuang dalam konstitusi.

Sementara Yusril J Todoku, Formatur Ketua Umum HMI Komisariat Eksakta UMMU juga menilai dengan dilakukan pelantikan maka akan cepat terselesaikan segala persoalan.  

“Dengan segera dilakukannya pelantikan komisariat yang menjadi harapan bersama, maka kami berkeyakinan segala persoalan yang muncul saat ini akan cepat terselesaikan selanjutnya HMI dapat kembali beraktivitas sebagaimana mestinya,” paparnya.

Mereka menilai tidak ada keterbukaan terkait pelantikan pengurus cabang. Padahal sudah sering ditanyakan oleh beberapa Formatur ketua umum HMI Komisariat di Ternate.

M. Rizal dan Yusril, beserta kader lainnya mengancam akan memutus garis instruksi jika dalam 15 sapai 30 hari ke depan tidak dilakukannya pelantikan. 

“Kami mengancam akan memutus garis intruksi dengan pengurus HMI Cabang Ternate dan membuat vakum segala bentuk kegiatan yang diadakan oleh HMI Cabang Ternate,” ungkap Yusril.


Reporter: Susi H. Bangsa

Editor: Darman Lasaidi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama